Kamis, 21 November 2013

Masalah Printer HP Deskjet Blinking (Kedap Kedip)

Barusan ketemu masalah printer HP Deskjet D2466 yang lampunya kedap kedip alias blinking di kantor. Awalnya bingung kok bisa kayak gitu, karena sesaat sebelumnya baik2 saja, status nya pun Ready, tapi di pake nge-print ngga mau. Yang ada lampunya aja blinking mulu...

Setelah nanya sama yang empunya printer, ternyata dia barusan ganti cartridge hitam (refill). Saya langsung curiga jangan2 ini cartridge ada masalah. Trus saya coba googling nyari tau juga kalo lampu blinking ini karena apa. Ternyata banyak sumber mengatakan memang ada masalah di cardtridge.

Akhirnya saya lakukan ujicoba kecil ini ;

1. Saya cabut cartridge WARNA, yang HITAM tetap terpasang, tutup cover printer, lalu perhatikan lampu. Ternyata masih blinking. Kemudian saya pasang lagi cartridge WARNA tersebut.

2. Saya cabut cartridge HITAM, yang WARNA tetap terpasang, tutup cover printer, lalu perhatikan lampu. Ternyata berhenti blinking. Saya suruh yang empunya test print dan ternyata bisa ngeprint dengan hasil yang bagus.

3. Saya pasang lagi cartridge HITAM, tutup cover printer, hasilnya... eng ing eng, printer kembali ERROR sodara-sodara...



Kesimpulan saya dari pengalaman dan ujicoba aneh ini :
Kalo printer HP Deskjet D2466 blinking, sedangkan statusnya Ready, itu kemungkinan memang cartridge yang bermasalah. Untuk mengetesnya bisa dilakukan ujicoba di atas.


Dari hasil uji coba yang saya lakukan, berarti cartridge yang HITAM lah yang bermasalah. Karena pada saat yang terpasang hanya cartridge WARNA, printer dapat beroperasi dengan baik.

Nah, kalo udah tau cartridge mana yang bermasalah, jangan langsung ganti. Coba dulu untuk menggosok bagian belakang (yang buat kontak listrik) cartridge dengan penghapus pensil. Kalo ngga mau juga.....selanjutnya U Know Lah What To Do... ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting
Terimakasih telah berkunjung dan Selamat datang di empmaniazh.blogspot.com...